Monday, November 17, 2014

4 EXPERT in STT PLN

Apa kabar semua...??? semoga kabarnya sehat selalu dan selalu diberi kemudahan amin....
Akhirnya saya update postingan juga yaa hahaa setelah sekian lama menunggu bingung tips apa yang mau di posting, ternyata....ada tugas negara nih kami sebagai mahasiswa baru STT PLN S1 TEKNIK INFORMATIKA ditugaskan untuk memposting suatu kegiatan HIMAKA (Himpunan Mahasiswa Informatika) yang ada di STT PLN. Sebelum langsung ke inti topik yang akan dibahas, lebih dulu saya ingin memperkenal profil STT PLN JAKARTA.



Profil STT PLN



   Sekolah Tinggi Teknik – PLN bernaung di bawah Yayasan Pendidikan dan Kesejahteraan PT. PLN (Persero), didirikan untuk memenuhi kebutuhan tenaga-tenaga ahli yang terdidik, terampil dan profesional di bidang ketenagalistrikan. Dikeluhkan berbagai pihak, angkatan kerja lulusan pendidikan tinggi S1 keteknikan, kurang siap menghadapi tuntutan pekerjaan. Diperlukan pelatihan yang intensif agar yang bersangkutan dapat menjalankan peran yang diemban.

   Oleh sebab itu, STT-PLN mentargetkan dapat mencetak tenaga teknik yang terampil, berdaya saing, unggul dan siap pakai, terutama di bidang energi dan ketenagalistrikan.

    Didirikan berdasar SK Mendikbud No. 13/D/0/1998, tanggal 4 Maret 1998 dengan nama Sekolah Tinggi Teknik "YPLN", disingkat STT-YPLN. Sejak 5 Januari 2004 singkatan STT-YPLN diubah menjadi STT-PLN.


Visi
   Terwujudnya Perguruan Tinggi yang modern di bidang energi dan kelistrikan, mandiri, mampu berkompetensi dan unggul.

Misi
   Membentuk Sarjana dan Ahli Teknik yang andal dan memiliki daya saing dalam era globalisasi untuk membangun masa depan Indonesia.

Rektor STT PLN di bawah naungan...

Dr. Ir. Supriadi Legino, MM, MBA, MA


4 EXPERT
adalah suatu komunitas yang berdiri di STT PLN yang dibuat oleh HIMAKA (Himpunan Mahasiswa Informatika). 


1. J-CO (Jaringan Community)



Pengertian Jaringan Komputer

   Pengertian dari Jaringan Komputer secara umum adalah hubungan antara dua atau lebih sistem komputer melalui media komunikasi untuk melakukan komunikasi data satu dengan yang lainnya. 

Manfaat Jaringan Komputer

Pertama membagi sumber daya, jaringan komputer dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk membagi sumber daya yang ada.
Kedua yaitu rehabilitas tinggi, jaringan komputer memungkinkan kita untuk mengcopykan data – data kedua atau tiga komputer. 
Ketiga yaitu menghemat biaya dengan jaringan komputer, sebuah perusahaan dapat menghemat peralatan yang harus digunakan.
Keempat sebagai sarana komunikasi, jaringan komputer dapat dimanfaatkan oleh perusahaan atau organisasi.

Jenis-jenis Jaringan Komputer

  • Personal Area Network



   PAN adalah singkatan dari personal area network. Jenis jaringan komputer PAN adalah hubungan antara dua atau lebih sistem komputer yang berjarak tidak terlalu jauh. Biasanya Jenis jaringan yang satu ini hanya berjarak 4 sampai 6 meter saja. Jenis jaringan ini sangat sering kita gunakan. contohnya menghubungkan handphone dengan komputer.

  • Local Area Network


   LAN adalah singkatan dari lokal area network. Jenis jaringan LAN ini sangat sering kita temui di warnet-warnet, kampus, sekolah ataupun perkantoran yang membutuhkan hubungan atau koneksi antara dua komputer atau lebih dalam suatu ruangan.

  • Metropolitan Area Network


   MAN singkatan dari metropolitan area network. Jenis jaringan komputer MAN ini adalah suatu jaringan komputer dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi yang menghubungkan suatu lokasi seperti sekolah, kampus, perkantoran dan pemerintahan. Sebenarnya jaringan MAN ini adalah gabungan dari beberapa jaringan LAN. Jangkauan dari jaringan MAN ini bisa mencapai 10 - 50 km.


  • Wide Area Network



   WAN singkatan dari wide area network. WAN adalah jenis jaringan komputer yang mencakup area yang cukup besar. contohnya adalah jaringan yang menghubugkan suatu wilayah atau suatu negara dengan negara lainnya.

Jenis-jenis jaringan komputer berdasarkan fungsinya


  • Jaringan Peer to Peer




  Jaringan komputer yang hanya menghubungkan dua komputer dimana kedua komputer bisa menjadi server maupun client, jadi tidak ada perbedaan antara client dan server.

Keunggulan :
- Antar komputer dalam jaringan dapat saling berbagi-pakai fasilitas yang dimilikinya seperti : harddisk,drive,fax/modem,printer.
- Biaya operasional relatif lebih murah dibanding dengan tipe jaringan client-server,salah satunya karena tidak memerlukan adanya server yang memiliki kemampuan khusus untuk mengorganisasikan dan menyediakan fasilitas jaringan.
- Kelangsungan kerja jaringan tidak tergantung pada satu server, Sehingga bila salah satu komputer mati atau rusak,jaringan secara keseluruhan tidak akan mengalami gangguan.

Kelemahan :
- Troubleshooting jaringan relatif lebih sulit,karena pada jaringan tipe ini setiap komputer dimungkinkan untuk terlibat dalam komunikasi yang ada.Di jaringan client-server komunikasi adalah antara server dengan workstation.
- Unjuk kerja lebih rendah dibandingkan dengan jaringan client-server,karena setiap komputer /peer disamping harus mengelola pemakaian fasilitas jaringan juga harus mengelola pekerjaan atau aplikasi sendiri.


  • Jaringan komputer Client-Server





   Yaitu komputer yang menyediakan fasilitas bagi komputer-komputer lain di dalam jaringan dan client adalah komputer-komputer yang menerima atau menggunakan fasilitas yang disediakan oleh server.

Keunggulan :
- Kecepatan akses lebih tinggi karena penyediaan fasilitas jaringan dan pengelolaannya dilakukan secara khusus oleh satu komputer (server) yang tidak dibebani dengan tugas lain seperti sebagai workstation.
- Sistem keamanan dan administrasi jaringan lebih baik, karena terdapat sebuah komputer yang bertugas sebagai administrator jaringan, yang mengelola administrasi dan sistem keamanan jaringan.
Sistem backup data lebih baik, karena pada jaringan client-server backup dilakukan terpusat di server, yang akan membackup seluruh data yang digunakan di dalam jaringan.

Kelemahan :
- Biaya operasional relatif lebih mahal.
- Diperlukan adanya satu komputer khusus yang berkemampuan lebih untuk ditugaskan sebagai server.
- Kelangsungan jaringan sangat tergantung pada server. Bila server mengalami gangguan maka secara keseluruhan jaringan akan terganggu.

Jenis-jenis Topologi Jaringan Komputer


  • Topologi Ring





   Pada topologi ring setiap komputer di hubungkan dengan komputer lain dan seterusnya sampai kembali lagi ke komputer pertama, dan membentuk lingkaran sehingga disebut ring, topologi ini berkomunikasi menggunakan data token untuk mengontrol hak akses komputer untuk menerima data.

- Kelebihan dari topologi jaringan komputer ring adalah pada kemudahan dalam proses pemasangan dan instalasi, penggunaan jumlah kabel lan yang sedikit sehingga akan menghemat biaya.
- Kekurangan paling fatal dari topologi ini adalah, jika salah satu komputer ataupun kabel nya bermasalah, maka pengiriman data akan terganggu bahkan error.


  • Topologi Bus





   Topologi jaringan komputer bus tersusun rapi seperti antrian dan menggunakan cuma satu kabel coaxial dan setiap komputer terhubung ke kabel menggunakan konektor BNC, dan kedua ujung dari kabel coaxial harus diakhiri oleh terminator.

- Kelebihan dari bus hampir sama dengan ring, yaitu kabel yang digunakan tidak banyak dan menghemat biaya pemasangan.
- Kekurangan topologi bus adalah jika terjadi gangguan atau masalah pada satu komputer bisa menggangu jaringan di komputer lain, dan untuk topologi ini sangat sulit mendeteksi gangguan, sering terjadinya antrian data, dan jika jaraknya terlalu jauh harus menggunakan repeater.


  • Topologi Star





   Topologi ini membentuk seperti bintang karena semua komputer di hubungkan ke sebuah hub atau switch dengan kabel UTP, sehingga hub/switch lah pusat dari jaringan dan bertugas untuk mengontrol lalu lintas data, jadi jika komputer 1 ingin mengirim data ke komputer 4, data akan dikirim ke switch dan langsung di kirimkan ke komputer tujuan tanpa melewati komputer lain.

- Kelebihan topologi ini adalah sangat mudah mendeteksi komputer mana yang mengalami gangguan, mudah untuk melakukan penambahan atau pengurangan komputer tanpa mengganggu yang lain, serta tingkat keamanan sebuah data lebih tinggi, .
- Kekurangannya topologi jaringan komputer ini adalah, memerlukan biaya yang tinggi untuk pemasangan, karena membutuhkan kabel yang banyak serta switch/hub, dan kestabilan jaringan sangat tergantung pada terminal pusat, sehingga jika switch/hub mengalami gangguan, maka seluruh jaringan akan terganggu.


  • Topologi Mesh





   Pada topologi ini setiap komputer akan terhubung dengan komputer lain dalam jaringannya menggunakan kabel tunggal, jadi proses pengiriman data akan langsung mencapai komputer tujuan tanpa melalui komputer lain ataupun switch atau hub.

- Kelebihanya adalah proses pengiriman lebih cepat dan tanpa melalui komputer lain, jika salah satu komputer mengalami kerusakan tidak akan menggangu komputer lain.
- Kekurangan dari topologi ini sudah jelas, akan memakan sangat banyak biaya karena membutuhkan jumlah kabel yang sangat banyak dan setiap komputer harus memiliki Port I/O yang banyak juga, selain itu proses instalasi sangat rumit.


  • Topologi Tree




   Topologi jaringan komputer Tree merupakan gabungan dari beberapa topologi star yang dihubungan dengan topologi bus, jadi setiap topologi star akan terhubung ke topologi star lainnya menggunakan topologi bus

- Kelebihan topologi tree adalah mudah menemukan suatu kesalahan dan juga mudah melakukan perubahan jaringan jika diperlukan.
- Kekurangannya yaitu menggunakan banyak kabel, sering terjadi tabrakan dan lambat, jika terjadi kesalahan pada jaringan tingkat tinggi, maka jaringan tingkat rendah akan terganggu juga.


2. KADAFI (Komunitas Design Grafis)




   Design grafis....suatu kalimat yang sudah tidak asing lagi yang ada di benak kita, setiap manusia bisa mempelajari design grafis, tetapi...hanya orang-orang yang mempunyai kreatifitas lebih saja yang pasti bisa melanjutkan hobinya ke tingkat dunia. By the way waktu terus berjalan lebih baik kita lanjutkan ke inti pembahasan.

Pengertian Design Grafis

  Desain grafis bisa diartikan dalam berbagai istilah salah satu pengertiannya yaitu suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam desain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. Desain grafis diterapkan dalam desain komunikasi dan fine art.

Peralatan Bagi Seorang Designer 

  • Memiliki Software-software design grafis


   Setiap Designer harus memiliki software-software pendukung untuk menghasilkan suatu output yang sempurna dan diakui kualitasnya oleh Designer lain.

  • Memiliki Mouse dan Pen Tablet yang Berkualitas


   Jika seorang Designers sudah sangat ahli atau menguasai dibidangnya, pasti seorang Designers memakai PEN TABLET sebagai media dalam membuat suatu gambar.

  • Memiliki Komputer atau Laptop


   Nah...ini yang paling penting bro ga mungkin banget seorang Designer yang berbasis visual tidak memiliki komputer, Designer berbasis visual memiliki komputer untuk memproses data yang berbentuk gambar didalam suatu software khusus untuk mengolah gambar.


3. E-WORK (Ebedded Working)



Pengertian Ebedded 

   Embedded Computer adalah sistem komputer yang di desain untuk melakukan fungsi spesifik dan ditanamkan pada suatu sistem yang lebih besar. Embedded Computer tertanam sebagai bagian dari perangkat lain. Sebaliknya, komputerdengan fungsi, seperti komputer pribadi (PC), dirancang fleksibel dan dapat memenuhi berbagaikebutuhan pengguna. Embedded Computer banyak digunakan pada perangkat-perangkat elektronik saat ini. 
   Embedded system terdiri dari mikrokontroler atau Digital Signal Processor (DSP).Perangkat tersebut dibuat untuk menangani tugas tertentu.. Karena Embedded system didedikasikan untuk tugas-tugas tertentu, produsen dapat mengoptimalkannya untuk mengurangi biaya produksi dan meningkatkan kemampuan dan kinerja. Beberapa embedded system diproduksi secara massal.

Kategori Sistem Ebedded

  • Sistem Embedded berdiri sendiri (Stand Alone)
   Sistem embedded yang termasuk kategori ini dapat bekerja sendiri. Sistem embedded ini dapat menerima input digital atau analog, melakukan kalibrasi, konversi, pemprosesan data serta menghasilkan output data ke periperal output misalnya display LCD. Contoh alat yang termasuk kategori ini adalah konsol video game, MP3 player, kamera digital.

  • Sistem Embedded Real-Time
   Sistem dapat dikategorikan sebagai real-time jika waktu respon merupakan hal yang sangat penting. Beberapa tugas tertentu harus dilakukan pada periode waktu yang spesifik. Ada 2 tipe sistem embedded real time yaitu sistem embedded hard real time dan soft real-time.

  • Sistem Embedded Hard Real-Time
   Untuk sistem embedded ini, pengerjaan operasi melebihi waktu yang ditentukan dapat menyebabkan terjadinya kegagalan yang fatal dan menyebabkan kerusakan pada alat. Batas waktu respon untuk sistem ini sangatlah kritis yaitu dalam milidetik bahkan lebih singkat lagi.

  • Sistem Embedded Soft Real-Time
   Pada beberapa sistem embedded lainnya keterlambatan waktu respon dapat ditoleransi pada batas tertentu. Pelanggaran batas waktu dapat menyebabkan performansi menurun namun sistem dapat tetap beroperasi. Contoh alat pada kategori ini adalah mikrowave dan mesin cuci. Walaupun ada batas waktu untuk setiap operasinya namun keterlambatan yang dapat ditoleransi dapat dalam hitungan detik bukan milidetik.

  • Networked Embedded Systems
   Sistem embedded jaringan menghubungkan jaringan dengan interface jaringan ke sumber akses. Jaringan yang dihubungkan bisa jadi Local Area Network (LAN), Wide Area Network (WAN) atau internet. Sambungan dapat menggunakan kabel atau nirkabel. Networked embedded system dapat dikategorikan berdasarkan sambungannya tersebut. Namun dalam banyak sistem, penggunaan kabel maupun nirkabel dalam sistem embedded sering dilakukan.


4. PRO-CLUB (Programming Club)





Pengertian Programming


   Programming yaitu suatu bentuk kegiatan atau aktivitas sedang membuat suatu program. Dalam programming, kita akan berkutak pada script-script atau source code pun bahasa pemograman.

Jenis Error Pada Program C++

  • Syntax error
   Kesalahan pada penulisan syntax (code pemograman).

  • Run time error
   Error yang terjadi pada saat program dijalankan.

  • Logical error
   Kesalahan pada logika dasar pembuatan program.

Pengertian Bahasa Pemrograman

   Bahasa pemrograman, atau sering diistilahkan juga dengan bahasa komputer, adalah teknik komando/instruksi standar untuk memerintah komputer. Bahasa pemrograman ini merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer. Bahasa ini memungkinkan seorang programmer dapat menentukan secara persis data mana yang akan diolah oleh komputer, bagaimana data ini akan disimpan/diteruskan, dan jenis langkah apa secara persis yang akan diambil dalam berbagai situasi.
     Bahasa Pemrograman merupakan notasi yang dipergunakan untuk mendeskripsikan proses komputasi dalam format yang dapat dibaca oleh komputer dan manusia. Proses komputasi umumnya Bahasa pemrograman == Komputer adalah mesin yang dapat melaksanakan seperangkat perintah dasar (instruction set). Komputer hanya dapat diberi perintah yang terdiri dari perintah-perintah dasar tersebut.

Jenis-jenis Bahasa Pemrograman



  • Bahasa Mesin
   Yaitu memberikan perintah kepada komputer dengan memakai kode bahasa biner, contohnya 01100101100110

  • Bahasa Tingkat Rendah
   Dikenal dengan istilah bahasa rakitan (Assembly), yaitu memberikan perintah kepada komputer dengan memakai kode-kode singkat (kodemnemonic), contohnya MOV, SUB, CMP, JMP, JGE, JL, LOOP, dsb.

  • Bahasa Tingkat Menengah
   Yaitu bahasa komputer yang memakai campuran instruksi dalam kata-kata bahasa manusia (lihat contoh Bahasa Tingkat Tinggi di bawah) dan instruksi yang bersifat simbolik, contohnya {, }, ?, <<, >>, &&, ||, dsb.

  • Bahasa Tingkat Tinggi
   Yaitu bahasa komputer yang memakai instruksi berasal dari unsur kata-kata bahasa manusia, contohnya begin, end, if, for, while, and, or, dsb.



Demikian beberapa isi dan penjelasan dari 4 EXPERT semoga Entri ini bermanfaat bagi bloggers, sampai jumpa :D



Sumber Jaringan
Sumber Design Grafis
Sumber Ebedded System
Sumber Programming Club







No comments:

Post a Comment